24 Maret 2010

sometimes we need doraemon

semua orang pasti pengen jadi dirinya sendiri.
tanpa ada ada yang nyoba mirip miripin sama orang lain lengkap dengan aksesoris yang dia pake.
atau tentang pertanyaan kenapa panampilan orang tersebut berubah.
gue jadi inget pas kemaren si ira tanya tanya ke gue kenapa sekarang kok gue jadi pinter dandan.

People change ,.
semua orang pasti pengen berubah, pengen bisa di hargai sama orang lain, pengen jadi diri sendiri.
dan kenapa gue mulai doyan dandan dandan, karena gue pengen beda dengan cara gue yang ini.
dan pada intinya semua orang pengen bisa mengaktualisasikan dirinya.
gue bahkan ga inget kapan pertama kali gue mencoba meng make over dandanan gue.

ingetan gue kembali ke jaman SMA.
waktu gue udah mulai kenal pacar pacaran. satu hal yang gue pelajarin, gengsi adalah hal yang paling penting buat dia. tipe tipe cowok yang ga pengen kena malu dan pengen semuanya sesuai kemauan dia.
buat dia cewek ga penting penting banget. temen temennya dan kebebasan adalah pelajaran no.1.
sedangkan gue, jaman2 SMA, saat panjang lengan seragam gue sampe di bawah siku dan rok 7cm di bawah lutut, jadilah gue ondel ondel yang duduk di bangku sekolah.
gue sama dia bagai langit dan keremi.
suatu hari saat gue di kantin bareng temen temen gue, temen nya dateng nyamperin gue trus kita ngobrol ngobrol bareng.

"cha, lo ga ngerasa emang baju lo kegedean? lo jadi keliatan bantet lho.." dia tanya gue
" gue nggak boleh pake baju ketat sama keluarga gue."
" lha, emang lo masih di batesin yah? ngecilin doang ga papa kali cha? kasian tuh cowo lo suka di ledekin tau".

gue inget banget saat itu salah satu temen gue ney minjemin gue baju seragamnya, dia bilang "coba deh lo pake sehariiii aja" dan gue pun nurut. saat itu gue sama temen temen lagi ngerencanain ke salon buat potong rambut, temen gue si arum emang doyan banget deh extreme sama dandanan rambutnya, dan akhirnya dia milihin rambut model harajuku tanpa pendekin rambut gue. awalnya gue risih, rambut gue itu dulu ga pake gue model modelin, pokonya lurus gitu aja deh.

besokannya gue ikutin kata kata si ney, buat make bajunya dia. lengkap dengan rok yang udah di kecilin dengan ukuran sesuai masih di lutut dan model rambut baru, gue pun masuk gerbang sekolah.
satu hal yang gue rasain... GUE MALUUU!!
Emang sih pada awalnya mereka ngerespon baik penampilan baru gue, cuma gue ngerasa terlalu risih untuk ga jadi diri gue sendiri. untuk apa sih gue kaya begini?? saat itu gue ngerasa bukan buat gue. tapi buat dia supaya ga malu pacaran sama gue. dan gue bener2 ga nyaman dengan cara yang seperti itu.


jaman kuliah lain lagi.
gue sempet pacaran sama cowok yang doyan tebar pesona dengan baju baju rapi nya,
selalu pengen bener dan perfeksionis di depan smua.
suatu hari, gue lagi jalan ke mall sama dia, dan ketemu sama cewek temennya yang setelannya kaye cewek abiiissss.. dandan full dan emang kelihatan anggun.
disela makan siang gue sama dia tiba tiba dia tanya ke gue
"kamu bisa nggak dandan kaya dia??"
gue pun menggeleng.

pernah satu kali saat gue lagi di jalan pulang dari kampus ama dia, " kamu dandan dong" dia bilang ke gue
"aku nggak bisa.". gue jawab sekena nya. " pasti bisa kok!" dia pun menjawab seperti itu.

besokannya kita ngobrol di koridor, gue duudk di sebelah dia, nunduk.
"kamu lagi mikirin apa?"
"ehh?? aku?? hmmmm.. aq lagi mikir seandainya doraemon beneran ada"
kita berdua diem.
"kenapa suka doraemon?" dia tanya ke gue
" nggak papa, seru aja kan kalo dia ada lengkap dengan kantong ajaib, pintu kemana aja, mesin waktu dan baling baling bambu."
dia bengong.

satu hari saat gue lagi ngerjain tugas kelompok bareng dia.
"kamu keliatan dewasa yah pake kacamata"dia bilang tiba tiba
"masa?"
"tapi bagusan kalo framenya yang setengah gituuu, lebih cocok aja sama kamu."
akhirnya gue ganti kaca mata.
temen gue yang nyadar kalo gue agak berubah tiba tiba nyamperin,
"cha, lo gapapa pacaran sama dia?"
"kenapa?"
"iya, lo pacaran sama dia bukan sebagai diri lo kan?lo cuma pengen jadi orang yang dia mau. apa itu ga menyedihkan?"

sebulan pacaran dan gue udah ngerasa gerah dengan tuntutan dandannya dia dan dengan berbagai faktor termasuk hobi nya yang doyan nunjukin foto foto mantannya akhirnya gue memutuskan untuk putus dan mencoba jalanin hidup gue sendiri tanpa ada aturan aturan yang ga masuk akal.

balik ke waktu sekarang.
saat ini, malem ini juga gue ngerasa balik ke jaman jaman dulu setelah ada temen gue yang mencoba memiripkan gue dengan salah satu cewek yang dia liat di facebook gue.
gue jadi keingetan, sewaktu gue belom jadian sama cowok gue yang sekarang, saat itu kita janjian setelah gue nganterin tante gue belanja. tiba tiba dia bilang " lo mirip mantan gue kalo lagi pake kacamata itu" atau pada saat ketemu temennya yang tiba tiba juga bilang " perasaan mukanya ga asing".
dan pada saat itu GUE MENGGANTI KACAMATA GUE DENGAN SOFTLENS!!!
BISAKAH SESEORANG NGELIAT GUE DENGAN APA ADANYA GUE??!!
lo tau, rasanya bener bener ga enak.
saat kita mencoba untuk jadi orang lain untuk buktiin kalo kita lebih baik, ga selamanya buat kita ngerasa nyaman dengan topeng yang kita pake.
ngerubah semua yang ada sama diri kita supaya terlihat "GAK SAMA".

dan malem ini gue menyadari, mungkin gue beneran butuh doraemon,
untuk membantu gue membentuk sosok yang beda. tanpa kaca mata, tanpa dandanan atau pun celana pendek dan sepatu kets yang dia suka.
gue sadar, gue bener bener butuh doraemon, untuk mencoba mengerti kenapa orang ga bisa mencintai seseorang "For what she is, NOT FOR WHAT SHE SHOULD BE"

6 komentar:

^^Meilicious^^ mengatakan...

yoyoy...

icha khairunnisa mengatakan...

blom baca abis juga lo.

^^Meilicious^^ mengatakan...

lagi emosi ya mba..?
wkwkwkwk...

bilang aje sama orang itu,
manusia ga ada yg sempurna.

icha khairunnisa mengatakan...

ahhahahahahah.
bukan gtuu meii
gue jadi ngerasa flash back aja
yang dulu sama yang sekarang
sampe ngebuat gue bisa jadi yang sekarang ini.. :)

Anonim mengatakan...

hmm...

iya bner cha kadang2 kita butuh doraemon...

gue juga gt klo lagi "high" hahaha...

yah intinya kalo kita udah ngejalanin hubungan, kita harus siap naggung resiko kekurangan yg ada..

kayak mario teguh pernah ngomong...

" I LOVE NOT BECAUSE, BUT I LOVE EVENTHOUGH "

:)

oia kok gue jadi penasaran ya mau ngeliat lo pake kacamata itu kaya gimana...

hihihi

dan gue suka banget kata2 terakhir tadi....

:)

icha mengatakan...

lha. kemaren lo liat iz gue pake kaca mata...
:)
hahahahhahaha

iya bener,
nyari orang yang bener2 nerima kita tuh susah dibanding nemu orang yang orang ngerubah kita!

udah tau belom orang yag gue critain??

Posting Komentar

yuk mareeee... isisisisisisisisiisiisisi..