29 Maret 2010

di balik musibah

mual.
kejang kejang.
sesak napas.
dan pipis berlebihan

bukan, gue ga lagi kumat.
jadi ceritanya kemaren itu seberang jalan rumah gue kebakaran.
subuh subuh be'eng gue di bangunin sama suara tante gue yang udah sama banget sama speaker mesjid samping rumah. masalahnya, si tante gue ini kan lebay banget yah, jadi terkadang saat ada satu peristiwa gue jadi agak agak males buat respek.
pernah satu sore saat gue lagi beberes rumah tiba tiba si tante panik anaknya ga pulang pulang, jadilah dia tereak tereak nyari anaknya. waaaaaahhh pokonya heboh dah, dan ternyata si anak lagi di bawa sama bapake jalan jalan. oh lala.
trus beberapa bulan yang lalu, saat gue lagi onlen di rumah, si tante keluar rumah dan teriak teriak lagii..
"wooooyyyy orang kampunggg.. keluarrr semuaa!!! KEBAKARAAAAAAANNN!!"
hyaaaaahhh... langsung lah gue cabut kompi tanpa gue log out dulu. gue langsung turunin listrik dan keluar rumah. dan si tante dengan muka panik nya bilang dengan lantang "GAS GUE BOCOR!!!!"
mulai lah rasa mules menjalar di badan gue. panik. dan ga tau mau ngapain.
langsung lah si abang abang kuli yang lagi renov rumah dia masuk ke dalem, jadi pahlawan. selang berapa menit, si abang keluar lagi, dan bilang dengan gentle.. " saya ga berani, apinya udah deket tabung gas"
hmmm.. good job pak.!
akhirnya gue nelepon bokap di tengah tengah kepanikan gue sendirian di rumah dalam situasi kaya gini, berharap si bokap langsung meluncur dan tau apa yang harus di lakuin.
gue : ayah. pulang buruan!! rumah tante kebakaran!!
bokap: uuhh? kebakaran? kenapa?
gue: gas nya dia bocor.
bokap: hmm.. cha? cha? tolong kamu ambil tas di dalem lemari, isinya surat surat keluarga semua. kamu simpen yah.

JJJJIIIIIAAAAAAAAHHHHHH....
sadar, respon bokap gue jauh dari harapan, akhirnya gue keluar rumah berbekal tas surat surat keluarga yang gue peluk peluk. sambil itung dalem ati bunyi ledakan yang mungkin bakalan terjadi.
entah sukarelawan mana yang masuk rumah si tante dan mengendalikan semuanya berkat kekuatan mejik(lebayyy), gue pun ber inisiatip ngasih dia pertunjukan tarian uler gatel biar dia terhibur. takut si relawan mati jijik liat tarian gue, akhirnya gue mengurungkan niat gue itu.


lanjut kecerita.
kemaren lain lagii, jadi pas subuh subuh gue denger sayup sayup si tante berisik bgt kaya ngobrol sama tetangga gue.
"ehh,, mpok, itu kebakaran bukan sih?? asep nya kok tebel banget?? apa ada yang lagi nabun?? tapi kok nabun di atas rumah yah?"
ada sekitar 5 menit kaliii si tante ngomong begitu terus. dan pada akhirnya...

"EEEEEEEHHHH ORANG KAMPUUUNGGG!! BANGUUUNNN.. KELUAR SEMUAAA... KEBAKARANN!!!"
hyaaaaalloooooooo... gue ga pake ngumpulin nyawa, langsung nyari kunci rumah, dan buka gerbang...
pas gue liat, beneran aja asep udah di mana mana dan tinggi banget.
begonya, gue malah ngerasa takjub dengan hal itu, dan ga cuma gue doang, gue rasa hampir semua orang malah pada bengong dan nontonin si asep naek ke langit.
berapa menit ngeliatin si asep tiba tiba genteng rumah 3 lante itu ambruukkk.
dan api mulai keliatan GEDE BANGET!!
baru deh disitu pada panik.

gue shock. sesek napas. mules. dan kebelet pipis.
salah satu kebiasaan gue saat bener2 ngerasa panik.
gue liatin orang orang udah pada beberes rumah nyelametin barang2,
kaka gue udah nenteng2 ijasah. nyokap udah bawa tas. dan bokap masih nonton si api
gue bingung mo ngapain, pas gue ke TKP, yang gue liat cuma 5 orang bapa bapa yang lagi gedor gedor rumah yg kebakar, mungkin maksudnya supaya tau ada orang apa ga di dalemnya.
dan sebagian yang laen malah asik nongtonin. -____-
yang gue heran kenapa juga ga ada yg inisiatif nelepon si pemadam kebakaran.
geregetan. akhirnya gue yang nelepon si pemadam kbakaran.
pas ngeliat api yang udah gede banget dan tembok tuh rumah rubuh, plus tetangga yang rumahnya kebakaran lari larian panik sambil nangis nangis. gue pun demikian.
bengek gue kumat dan gue nangis gituu aja deh.. -____-
berbekal oksigen gue pun lari larian ke dalem rumah ngeliat apa yang bisa gue bawa.
sadar gue ga punya apa apa, gue pun nangis lagi, sambil megangin kamera digital gue. barang berharga satu satunya dari si ira.
bengek udah parah dan gue yang udah nagis nangis akhirnya di bujuklah gue sama si bokap, di sayang sayang lalu di tendang.. hahahahha. ga deng, gue masih nangis dan si bokap coba nenangin, di selasela tangisan gue si bokap malah ngaji ngajiin gue, yang ada gue JADI NAMBAH TAKUT. BERASA PENGEN KIAMAT.
beberapa menit gue nangis nangis, tiba tiba si nyokap nyeletuk " eh , udah dateng tuh pemadam kebakarannya"
gue langsung berenti nangis dan bangun dari bangku, "mana.. mana??"
(berasa jadi orang bego, yang berenti nangis tiba tiba gara2 si blangwir dateng)
gue agak agak ga respek sih yah yang namanya pemadam kebakaran, abis sering kali gue nemuin kasus, si blangwir ini datengnya suka telat. api udah di mana mana baru dateng, dan yang lebih parah kalo apinya udah mati baru dateng.
tapi hari ini pandangan gue ke mereka berubah. kurang dari 30 menit gue nelpon mereka, dan mereka udah sampe di TKP. hmmmm cinta deh gue sama mereka.
sambil lari larian menuju TKP, dan di sambitin ama bokap pake sendal jepit gara gara dia berasa di tepu ama ekting gue, akhirnya gue pun menonton si pemadam kebakaran matiin apinya.
supaya semangat, gue pun menari tarian trio macan di depan pemadam kebakarannya. dugaan gue salah, MEREKA MUNTAH!! hahahahha. becanda...

yang gue heran, ada kebakaran kok jadi BANYAK BANGET TUKANG JAJANAN???
pas gue bengong, tiba tiba ada tukang BACANG, nawarin dagangannya.
gue nengok ke belakang ada tukang ketoprak. di samping gue ada yang jual dodol dodolan makanan gue masih kecil, ada tukang makaroni, dan tukang tahu gejrot!! pokoke SURAM
ada nih yang bener bener bikin gue gemes. jadi di saat semua bapa bapa bantuin nyari air buat ikut madamin api, ada satu bapa bapa yang sibuk banget mondar mandir ga jelas juntrungannya apa, tiba tiba dia dateng di mau maju kedepan bilang:
" minggir.. minggir,, aer panas" dan SAMBIL MEGANGING SEGELAS KOPI, DAN DUDUK DENGAN ANTENG NONTONIN KEBAKARAN!!

*berasa pengen gue operasi kelaminnya!*

disela sela ke takjuban gue ngeliat si pemadam kebakaran yang masih muda muda (gatel nye keluar :p) tiba tiba ada ibu ibu yang nyeletuk :
" UNTUNG hari minggu, jadi orang orang pada di rumah"
"UNTUNG aja kejadiannya pagi bukan malem"
"UNTUNG aja ada banyak tukang jajanan jadi ga usah masak"
"UNTUNG aja pemadam kebakarannya dateng cepet"

gileeeeeeeeeeeeeeee ajeeeee di tengah tengah musibah kaya gini , masihhh aje ada "UNTUNG NYEEEEEE". emang dasar dah ah!

setelah 4 jam lebih, api baru bisa di padamin total.
gue ga tau pasti ada korban atau ga, atau berapa rumah warga yang kena.
yang pasti, gue mendoakan supaya yang terkena musibah ini di beri kelapangan hati.
ada satu pelajaran yang gue ambil dari semua ini,
GUE BUKAN APA APA.dan GUE GA PUNYA APA APA YANG PATUT DI BANGGAIN. ya, gue berasa keciiiilll banget.. (iyehh, badan gue ga kecil emang)
di saat saat seperti ini, gue bahkan ga bisa berfikir kalo gue bakalan selametin baju, tas, sepatu, atau novel novel kesayangan gue dan memasukan semua itu ke dalem satu koper. NGGAK SAMA SEKALI.
gue pasrah. kalo pun emang semua barang barang itu harus habis kebakar, gue ikhlas, se nggak nya gue pernah dikasih kesempatan nikmatin semua itu dan yang paling penting badan gue nggak ikutan kebakar buat nyelametin barang barang itu smua.
bokap gue dulu selalu bilang, semua yang ada sama kita cuma titipan tuhan, ujian dari tuhan untuk tau seperti apa kita. gue inget banget saat gue beberapa kali kehilangan HP, bokap selalu bilang :
"HP itu titipan tuhan, kamu lagi di uji dengan HP itu, tapi nyatanya pas megang HP kamu jadi jarang solat, kerjaannya sms-an melulu, doyan foto foto, dan jadi tinggi hati. jadi diambil lagi deh sama tuhan."
tapi setelah bilang itu, di akhir kata katanya bokap selalu bilang, " nanti pasti dapet gantinya yang lebih bagus.. "
kata kata itu selalu bener, dan gue percaya sampai akhirnya gue terapin di hidup gue.
kalo barang barang gue rusak atau ilang, gue jadi ikhlas dan lapang dada seraya berfikir, "pasti dapet gantinya dari tuhan dalem bentuk apa pun"
tuhan pengen kita menjaga amanat nya, hidup sesuai keteraturannya,dan sadar diri kalo semua yang kita punya bukan mutlak milik kita. dia pengen tau, seperti apa kita di saat hidup serba kecukupan dan di saat kita hidup di kondisi serba kesusahan, "MASIH INGET GA YAH KITA SAMA TUHAN SAAT ADA DI KONDISI SERBA CUKUP? ATAU CUMA MENGINGATNYA SAAT KITA LAGI ADA DI KONDISI KESUSAHAN??"

2 komentar:

^^Meilicious^^ mengatakan...

yoyoy..
wkwkwkwkwkwkw..
pantesan kmrn banyak mobil pemadam banyak bgd..

ternyata, tetangga elo cuy yg kebakraan,,

semoga, di balik kebakaran itu, ada hikmah nya.. :)

icha khairunnisa mengatakan...

hahahhaha. iya meii...
tp tetep yehh ema ema.. di balik musibah selalu ajeeeee ada UNTUNG nya..
emang tuhan adil dah.. :)


untung kebakaran, gue bisa beli bacang.. :)

Posting Komentar

yuk mareeee... isisisisisisisisiisiisisi..